11 December 2020

Ini Dia Tips Bagaimana Merawat Lantai Rumah yang Tepat Sesuai dengan Material

Real estate developer Indonesia - Merawat lantai rumah adalah salah satu upaya yang harus dilakukan guna menjaga keindahan dan keawetannya. Hal ini penting mengingat biaya renovasi tidaklah murah dan bisa saja membuat model rumah terkesan kurang menarik. Untungnya, cara merawat lantai tidak sesulit yang dibayangkan asalkan mengetahui jenis bahan yang digunakan. Karena setiap bahan sudah pasti berbeda penanganannya yang bila dilewatkan begitu saja justru berpengaruh pada kualitasnya. Hanya saja, bahan berkualitas tinggi tentu membutuhkan perawatan yang tidak sederhana terutama dari segi pembersih yang dipakai. Meski demikian, bukan berarti lantai rumah yang sederhana terkesan asal asalannya.

Kita tahu bahwa memilih material lantai rumah adalah proses yang cukup menyenangkan, terutama saat kita memikirkan tampilan akhir dari interior rumah. Namun, seperti yang dijelaskan diawal artikel bahsa cara perawatan sudah pasti berbeda pula.

Mengapa? Itu tadi, kesalahan dalam merawat lantai rumah tidak hanya merusak kesan dari material lantai yang digunakan, namun bias juga menimbulkan kerusakan yang membuat Anda mau tidak mau harus mengganti material atau menjalankan renovasi rumah. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan dalam merawat lantai sesuai dengan bahan yang digunakan.

Ubin Keramik

Material ubin keramik adalah salah satu jenis bahan untuk lantai rumah yang cukup praktis dalam hal perawatan. Hanya dengan disapu dan dipel maka sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. Maka tidak heran, jika lantai rumah dari ubin keramik ini pilihan banyak orang.

Meski demikian, jangan lupa untuk menyikat bagian sambungan atau nat keramik. Adapun bagian dari nat pada lantai rumah menggunakan keramik adalah mudah kotor serta ditumbuhi jamur.

Batu Alam Granit atau Marmer

Hampir serupa, merawat lantai rumah dari bahan keramik dan granit adalah perawatan dan pemasangannya. Namun untuk yang menginginkan kesan mewah dan elegan pada lantai rumah, maka material batu marmer dan granit bisa jadi pilihan. Hanya saja, sifat kedua material yang berpori memerlukan perawatan ekstra dibandingkan dengan jenis bahan lantai rumah lainnya.

Pertama, pastikan lantai rumah dari granit bebas dari air. sehingga, jika terjadi tumpahan, cepatlah  mengeringkannya dengan kain pel. Jangan abaikan, untuk memberikan coating ekstra pada batu marmer agar semakin menarik.

Parket Kayu

Lantai parket kayu memang terkenal bisa memberikan kesan hangat serta lebih asri. Namun, seperti halnya dengan lantai rumah, material ini juga tak ramah bila ada genangan air karena bisa membuatnya mudah rapuh. Pastikan kamu menggunakan kain pel yang lembap dan tidak terlalu basah agar lantai kayu ini awet.

Lantai parket rentan terhadap permukaan tajam sehingga menyebabkan mudah tergores. Jadi, ada baiknya memberikan pelindung tambahan untuk semua perabot serta hindari memindahkan perabot dengan cara diseret. Sebaliknya, lakukan dengan diangkat, untuk menghindari lantai rumah tergores

Vinyl

Meskipun lantai rumah dari vinyl sepertiparket serta memiliki daya tahan lebih baik terhadap air, kamu juga harus membuatnya kering. Hal ini perlu karena mampu merusak lem yang digunakan pada material ini.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bagaimana Merawat lantai rumah sesuai dengan bahan yang digunakan. Karena jenis bahan yang berbeda maka berbeda pula lah penanganannya agar kualitasnya tetap terjaga. Tidak sulit kok untuk merawatnya karena Anda bisa menggunakan jasa profesional khusus yang memahami sekali bagaimana merawat lantai rumah Anda dengan baik.

 

Other News & Updates

17 November 2020
Real Estate Developer Indonesia - Kita mungkin tidak asing lagi dengan model hun...
22 December 2020
Real estate developer- warna ruangan yang bagusternyata memberi dampak bagi...