24 October 2020

Simak! Manfaat Asuransi Rumah untuk Menjaga Nilai Investasi

Kita semua pasti sepakat bahwa rumah adalah investasi. Untuk itu, memberikan yang terbaik adalah hal yang lumrah dilakukan banyak orang seperti menggunakan asuransi rumah misalnya. Ya, asuransi adalah salah satu produk keuangan yang cukup laris karena selain bermanfaat untuk memberi perllindungan baik itu kesehatan dan jiwa, maka asuransi bisa juga menjamin kekayaan secara menyeluruh, termasuk rumah.  Meski asuransi rumah kurang populer, namun ternyata manfaatnya begitu banyak.

Tidak dipungkiri, jika Anda membeli asuransi rumah maka secara otomatis Anda harus menyiapkan dana khusus. Namun, jika Anda mengetahui manfaat yang diberikan maka rasa rasanya uang yang dikeluarkan tersebut tidaklah sebanding.

Menghindari kerugian akibat bencana alam

Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti hujan yang terus menerus terjadi bisa membuat daerah pemukiman banjir. Atau, yang lebih parahnya lagi adalah terjadi bencana alam seperti longsor, kemudian gempa bumi serta terjadi angin topan yang datangnya bisa kapan saja alias tidak diketahui sejak dini. Tentu, kondisi ini akan membuat rumah menjadi rusak. Namun, dengan adanya asuransi rumah maka setidaknya kerugian yang Anda alami tidak terlalu besar. Biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi cukup besar.

Menghindari pencurian

Tingkat keamanan yang rendah bisa saja menjadi pemicu terjadinya pencurian. Untuk itu, jika Anda tinggal di lokasi dengan kondisi seperti ini maka sangat disarankan agar segera membeli produk asuransi rumah. Jika ada satu waktu rumah Anda kemalingan dan banyak harta benda yang hilang, maka Anda tinggal membuat laporan ke pihak asuransi yang disertai dengan beberapa bukti yang ditentukan.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa laporan kemalingan ini memang tidak serta merta disetujui karena ada beberapa proses yang harus dilalui. Untuk itu, pastikan agar semua laporan yang diberikan nantinya benar benar akurat agar prosesnya sendiri tidak mengalami hambatan.

Dapat mengajukan pinjaman

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman maka dengan menyerahkan dokumen asuransi rumah setidaknya sudah menjadi bahan pertimbangan bagi pihak Bank dalam menyetujui aplikasi pinjaman. Artinya, proses pencairan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dibandingkan mereka yang mengajukan pinjaman tanpa menyertai dokumen asuransi rumah.

Mempertahankan nilai rumah

Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, maka rumah salah satu aset yang sangat menguntungkan dikarenakan memiliki nilai jualn yang terus meningkat setiap tahunnya. Jadi, jika Anda memiliki asuransi rumah maka setidaknya Anda bisa mempertahankan nilai jual rumah itu sendiri.

Memberikan perlindungan isi bangunan

Asuransi rumah bukan hanya memberikan perlindungan untuk kondisi bangunan saja akan tetapi isi dari rumah itu sendiri pun menjadi bagian perlindungan itu. Mulai dari perabotan, alat masak dan lainnya sehingga jika terjadi kerusakan akibat bencana alam maka pihak asuransi akan menggantikannya.

Demikianlah manfaat yang diberikan oleh asuransi rumah dalam memberikan perlindungan. Seperti yang dijelaskan pada bagian awal artikel bahwa dana yang dikeluarkan tidak akan sebanding dengan manfaatnya jika Anda sudah memahami apa yang nantinya akan Anda dapatkan. Salah satunya adalah nilai jual rumah yang tetap tinggi meski terkena masalah sekalipun seperti bencana alam maupun kemalingan.

Hanya saja, pastikan Anda memilih agen asuransi rumah yang benar benar memberikan manfaat sesuai dengan yang diinginkan. Karena sekarang ini cukup banyak agen yang kurang menjelaskan secara rinci dan detail manfaat apa yang akan didapat oleh pemegang premi.

 

Other News & Updates

13 October 2020
The COVID-19 pandemic is changing how things are done everywhere...
20 November 2020
Real Estate Developer - Tidak sedikit orang berpikir bahwa bisnis properti hanya...