21 October 2020

Tips Investasi Apartemen Agar Tetap Untung

Di mesin pencari, kata kunci ‘investasi apartemen’ mendapat pencarian yang cukup banyak setiap bulannya. Artinya, apartemen sudah dilirik sebagai bentuk investasi yang cukup menjanjikan. Tapi, bagaimana memiliki investasi apartemen mulai dari langkah awal yang harus dikerjakan, kemudian bagaimana dengan keuntungan dan prospek kedepannya?

Perlu disadari bahwa semua bentuk bisnis maupun usaha yang diidentifikasi sebagai investasi pasti memiliki resiko. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak menjalankannya hanya karena resiko yang menyertai akan tetapi hal ini bisa diminimalisir seminimal mungkin dengan berbagai cara. Nah, diartikel ini nantinya akan dibahas tentang apa saja yang perlu dilakukan sebelum memiliki investasi apartememen.  Oh ya, kita bahas dulu tentang apa sih arti dari investasi apartemen itu sendiri.

Secara harfiah, investasi apartemen pasti merujuk pada apartemen yang tujuannya adalah untuk disewakan alias bukan ditempati oleh si pemiliknya. Dari sistem sewa ini nantinya maka si pemilik apartemen akan mendapatkan keuntungan baik dari harga sewa yang diberikan dan juga nilai dari properti itu sendiri. Jadi, sederhana dan tidak sulit bukan? Apalagi, jika Anda sudah memahami benar sistem investasi apartemen seperti membaca research data yang benar serta bekerja sama dengan pengembang terpercaya, maka sebenarnya Anda sudah berada pada jalur yang tepat.

Berikut ini beberapa tips memulai investasi apartemen seperti :

Memilih pengembang yang terpercaya

Hal ini sebaiknya dijadikan sebagai faktor utama jika ingin berinvestasi apartemen. Pasalnya, tidak sedikit pengembang yang kurang bertanggung jawab sehingga mau tidak mau Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin dari berbagai sumber. Semakin banyak data yang dikumpulkan maka akan semakin banyaklah informasi yang didapat. Adapun keterangan yang sebaiknya Anda cari adalah legalitas, kredibilitas, komitmen serta banyak tidaknya rekomendasi yang diberikan oleh masyarakat.

Bijak memilih lokasi

Faktor kedua yang tidak bisa diabaikan adalah memastikan jika lokasi apartemen tersebut berada di tempat yang strategis. Meskipun kebanyakan apartemen dibangun di lokasi yang strategis namun bukan berarti Anda terkesan menerima begitu saja. Pastikan, jika apartemen tersebut dekat dengan sarana umum seperti sekolah, halte, rumah sakit maupun area bisnis. Sekedar informasi, apartemen di Jakarta pada umumnya dibangun di area yang berbeda yaitu non prime area dan prime area. Jadi, pastikan Anda memilih sesuai dengan tujuan investasi itu sendiri.

Memastikan jenis fasilitas yang ditawarkan

Selain kedua faktor diatas, maka melihat fasilitas yang diberikan juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan kebutuhan si penyewa itu sendiri dimana sesuai dengan tujuan dari investasi apartemen itu sendiri.

Sebut saja area parkir yang luas, kemudian sistem keamanan yang canggih, fasilitas olahraga yang lengkap, lift, koneksi internet yang kencang dan lainnya.

Membidik Target Market

Sebelum membeli apartemen, maka pastikan Anda sudah mengetahui apa yang menjadi target market Anda. Hal ini berpengaruh pada harga sewa yang nantinya Anda tawarkan. Misalnya saja apartemen yang Anda bidik dekat dengan perkantoran jelas berbeda jika dekat dengan kawasan sekolah.

Demikianlah tips sederhana bagaimana berinvestasi apartemen dengan cara mudah dan sederhana. Diharapkan, dengan penjelasan singkat diatas setidaknya mengurangi rasa ragu untuk segera melakukan investasi apartemen. Apalagi, sekarang ini sangat banyak apartemen yang dibangun dengan kualitas terbaik tidak hanya lokasi akan tetapi fasilitas yang diberikan pun cukup mumpuni. Jadi, selamat berinvestasi!

 

Other News & Updates

26 August 2018
The owner of Green Palace Residence apartment units, Cikarang, will soon be able...
16 November 2020
Real Estate Developer - Satu daerah yang perkembangan permukimannya makin hari m...