13 October 2020

Komitmen Grup Jayakarta dalam Menghadirkan Lingkungan Bebas COVID dan Strategi Bisnis menghadapi Pandemi

page1image335228640

Pandemi COVID-19 mengubah perilaku dan kebiasaan orang di mana-mana. Kesehatan dan keamanan tim, tamu, dan penghuni kami telah lama menjadi prioritas utama kami, namun kini kami bekerja lebih keras lagi dalam masa yang tidak pasti ini. Michael Pudjiadi, Manajer Properti Regional PT Pudjiadi Prestige Tbk menekankan pentingnya mencapai Nol Kasus Covid di seluruh properti milik Grup Jakarta. Grup Jayakarta meluncurkan program FEEL SAFE sebagai komitmen kami untuk menerapkan protocol COVID-19 yang lebih ketat serta mengikuti anjuran World Health Organisation (WHO) dan otoritas lokal, untuk memastikan lingkungan yang seaman mungkin di properti kami.

Program FEEL SAFE diformulasikan dengan protokol kesehatan yang seksama, dan merupakan peningkatan dari standar kami yang sudah ketat sebelumnya, untuk melindungi kesehatan tamu dan karyawan kami. Sudah merupakan misi kami untuk membuat semua orang merasa aman dan nyaman. Kami menganalisa setiap kemungkinan titik sentuh dan membangun SOP (Standard Operating Procedures) untuk memastikan tamu dan penghuni kami betul-betul merasa nyaman saat tinggal di lingkungan kami. Dedikasi dan komitmen kami untuk memenuhi seluruh protocol COVID membuahkan hasil. Dengan bangga kami mengumumkan bahwa sampai saat ini tidak ada kasus positif COVID yang dilaporkan dalam lingkungan kami.

 

Meningkatkan Prosedur Kesehatan dan Keamanan

Ariyo Tejo, Direktur PT Pudjiadi and Sons Tbk,. menyatakan bahwa Hotel Jayakarta telah membentuk gugus tugas di setiap hotel, yang terdiri dari Tim Pembina dan Pelaksana untuk Pencegahan, Pengelolaan dan Edukasi Covid-19. Hotel Jayakarta menunjukkan komitmen lebih jauh dengan mengosongkan kamar hotel 1 x 24 jam sebelum kedatangan tamu baru.

Kami berdedikasi penuh untuk membantu Pemerintah Indonesia dalam mengurangi kasus Covid-19 seminim mungkin dengan menaati rekomendasi Kementerian Kesehatan. Lebih lanjut Ariyo Tedjo menambahkan bahwa beliau tidak memiliki rencana sejauh ini untuk menjadikan Hotel Jayakarta sebagai hotel isolasi bagi pasien Covid-19, untuk menjamin kenyamanan seutuhnya bagi para tamu.

page2image373899840

Pihak manajemen dan karyawan Grup Jayakarta bekerja sama sebagai satu tim untuk melaksanakan langkah-langkah yang dianggap perlu untuk mengurangi resiko Covid-19. Kami telah melakukan Analisa Resiko untuk mengidentifikasikan resiko yang mungkin muncul dan membentuk langkah-langkah pencegahan dan prosedur pengendalian yang sesuai, sebagai berikut ini:

  1. Area Lobi dan Resepsionis

    • Pemeriksaan suhu untuk setiap tamu dan karyawan serta menyediakan kotak sterilisasi

    • Menyediakan tempat mencuci tangan di setiap pintu masuk dan hand sanitizer di tempat penerima tamu

    • Seluruh karyawan harus menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang sesuai

    • Menjaga jarak dengan mengurangi kontak langsung antara karyawan dengan tamu atau penghuni

    • Pemasangan banner edukasi mengenai Covid-19 disediakan di tempat-tempat yang strategis

    • Menganjurkan cek in secara online untuk mengurangi kontak fisik

  2. Area Umum

    • Meningkatkan frekuensi pembersihan dan desinfeksi harian secara rutin, menggunakan bahan kimia yang aman

    • Mengatur kembali tempat duduk untuk memastikan agar pengunjung tetap dapat jaga jarak dengan aman

    • Pemasangan tanda di dalam lift untuk mengurangi kerumunan pengguna lift

    • Menyediakan hand sanitizer di tempat-tempat strategis

    • Mengurangi jam buka kolam renang, gym, dll agar dapat dibersihkan lebih sering setelah digunakan

      Menyediakan makanan secara ala-carte untuk menghindari kontaminasi antar pengunjung. Jika memungkinkan, buffet disajikan langsung oleh karyawan restoran.

  1. Hotel’s Rooms

    • Penggunaan desinfektan dan UVC untuk mensterilisasi setiap kamar sebelum digunakan

    • Menyediakan layanan sarapan di kamar untuk mengurangi kerumunan di restoran. Untuk tamu yang menginginkan untuk makan di dalam restoran, akan kami alokasikan sesuai dengan jam yang telah ditentukan untuk menghindari antrian diarahkan untuk menghindari antrian

    • Kamar dikosongkan 1x24 jam setelah dibersihkan dan didesinfektan sebelum kedatangan tamu baru

  2. Staf dan Karyawan

    • Melaksanakan pemeriksaan suhu dan kesehatan setiap hari

    • Menyelenggarakan rapid tes rutin untuk staf yang berhubungan langsung dengan tamu dan pengunjung

    • Sedapat mungkin bekerja dari rumah

    • Selalu menjaga jarak di antara staf dan karyawan

 

Bukan hanya protocol Covid-19 di atas saja, Toto Sasetyo Dwi Budi, Direktur PT Pudjiadi Prestige Tbk menyatakan bahwa Azalea Suite telah melangkah lebih jauh lagi dengan menjalin kerjasama dengan rumah sakit terdekat untuk memastikan penghuni mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin jika dibutuhkan.

Situasi saat ini terlihat berbeda dari sebelumnya tetapi komitmen kami tetap sama. Menciptakan lingkungan yang aman bagi tamu, penghuni, dan karyawan kami.

 

Strategi Bisnis di tengah Pandemi Covid-19

Selagi kami terus berjuang melawan Covid-19, Grup Jayakarta juga memperbaharui strategi pemasaran dan keuangannya untuk menanggapi situasi yang berubah. Kami menjangkau baik pelanggan baru maupun lama dengan tetap terhubung dengan mereka secara digital. Beberapa contoh usaha Grup Jayakarta untuk beradaptasi di waktu yang sulit ini adalah dengan memperbaharui situs kami dan membuat alat pemasaran digital seperti e-brosur, video tur digital, dan email pemasaran. Walaupun situasi terasa cukup berat, Grup Jayakarta tetap bersemangat akan kesempatan utk melakukan transformasi kampanye pemasaran reguler menjadi pemasaran digital.

Sebagai hasil komitmen kami yang berkesinambungan, hotel kami mulai menunjukkan tingkat okupansi yang lebih baik, terutama di tujuan favorit seperti Bandung dan Anyer. Apalagi tingkat kesetiaan pelanggan kami kuat telah mendorong tamu dan pengunjung dengan kepercayaan untuk tinggal di lingkungan properti kami.

Di tengah usaha kami untuk bertindak dan merespon tantangan ini, kami tetap berkomitmen untuk mempertahankan karyawan kami. Kami berkomitmen untuk tidak melakukan PHK karyawan maupun staf perusahaan. Tidak dipungkiri situasi COVID-19 telah dan akan berakibat pada tindakan optimisasi biaya bagi banyak perusahaan. Grup Jayakarta telah lama dikenal akan karakternya yang berhati-hati dalam menangani kondisi keuangannya. Kami melakukan pengurangan biaya, peningkatan efisiensi dan bekerja lebih erat bersama-sama untuk meraih pandangan yang holistik sebagai satu grup, bukan hanya sebagai unit bisnis yang terpisah-pisah.

Kami percaya bahwa pandemi Covid-19 ini menyerupai sebuah permainan maraton. Tidak ada cara cepat untuk mengatasi masalah ini. Usaha pemangkasan biaya jangka pendek yang tidak terarah akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dalam jangka panjang. Sebaliknya, kami perlu untuk tetap berhati-hati dan waspada untuk menentukan apa saja usaha yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Hanya tim terkuat yang akan bertahan melalui waktu yang tidak pasti ini. Kami percaya bahwa Grup Jayakarta dari waktu ke waktu telah teruji sebagai sebuah tim. Dengan kerjasama tim yang kuat, kami telah berhasil melalui ombak yang sulit. Tidak berbeda dengan saat ini. Grup Jayakarta akan tetap bertahan dan memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder (pemegang saham, pelanggan, karyawan dan vendor).

 

Berita & Update Lainnya

23 October 2020
Bisnis Coworking Space - Sekarang ini, yang namanya bisnis properti banyak ragam...
26 August 2018
Pemilik unit-unit apartemen Green Palace Residence, Cikarang, tak lama lagi dapa...