19 December 2020

Cara Mencari Rumah Sewa yang Nyaman dan Asri

Real Estate Developer Indonesia - Bagaimana Anda mencari rumah sewa ? Yang pasti, hindari segala macam kesalahan saat memilihnya. Di artikel ini akan dibahas hal apa saja yang perlu Anda lakukan dalam memilih rumah sewa agar tak salah pilih.

Memiliki rumah adalah dambaan setiap orang. Apalagi, rumah keluarga yang aman dan nyaman. Banyak hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah, termasuk biaya yang harus disiapkan. Namun, jika masih belum bisa membeli rumah pribadi, Anda bisa memilih untuk menyewa rumah. Namun, tidak mudah untuk memilih rumah yang akan menjadi tempat tinggal sementara bagi kita dan keluarga.

Memilih rumah sewa memang tidak semudah yang Anda bayangkan, karena selain dari faktor harga juga sama dengan rumah milik Anda sendiri karena Anda perlu mempertimbangkan matang-matang saat memilih rumah.

Bagi yang belum memiliki rumah atau sedang berada di luar negeri, berhati-hatilah saat memilih rumah sewa. Pasalnya, pilihan yang salah akan membuat Anda menyesal selama masa kontrak.

Berikut beberapa tips untuk Anda saat mencari rumah sewa.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mencari rumah kontrakan adalah, pilihlah rumah kontrakan yang harga sewanya cukup terjangkau menurut kemampuan Anda. Memilih rumah kontrakan sebaiknya di sesuaikan dengan budget atau kemampuan finansial. Rumah kontrakan sendiri ada yang mempunyai sistem bayar per bulan dan ada juga yang per tahun. Pilihlah harga yang paling pas dengan kondisi keuangan Anda, dan untuk sistem pembayaran anda bisa negosiasikan dengan pemilik rumah.

Baca juga Cara Investasi Properti untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Lakukan Survei Rumah Terlebih Dahulu

Tentunya, harga disini harus disesuaikan juga dengan fasilitas yang diberikan. Jangan sampai Anda ingin mendapatkan harga yang amat murah, tetapi meminta yang memiliki fasilitas lengkap. Itu sangat jarang ada. Jika sudah ditemukan, sebaiknya langsung lakukan survei dengan pemilik rumah. Perhatikan kondisi rumah apakah dilengkapi fasilitas seperti yang Anda inginkan, dan apakah rumah tidak mengalami kerusakan seperti genteng bocor, kamar mandi yang bermasalah dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkannya sebaiknya lakukan survei bukan hanya ke satu rumah, carilah beberapa rumah, catat kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi, bandingkan dulu dengan tempat lain yang harganya sama, baru sediakan fasilitas hunian semua? Misalnya, apakah rumahnya bagus, tempat tidurnya nyaman, toiletnya bersih dan lain-lain. Atau, Anda bisa membandingkan dua rumah dengan fasilitas yang sama dan mencari rumah dengan harga lebih murah.

Air bersih sangat penting dan harus dibuka sepanjang tahun, karena setiap hari masyarakat membutuhkan air bersih, baik itu untuk minum, memasak, mencuci pakaian, mandi, dll. Oleh karena itu, pastikan kondisi air bersih dalam keadaan stabil dan tidak terkendala. Pilih rumah sewa yang dekat dengan acara Anda. Misalnya jika Anda bekerja, pilihlah rumah sewa yang dekat dengan tempat kerja Anda. Jika Anda seorang mahasiswa, Anda juga harus memilih rumah sewa di dekat kampus, dan masih banyak lagi contohnya.

Dengan mencari rumah sewa yang dekat dengan keseharian Anda, Anda dapat menjangkau tempat-tempat tersebut dengan cepat dan mudah dengan biaya yang lebih murah. Selain itu, yang harus diperhatikan saat mencari rumah sewa adalah memilih rumah yang dekat dengan tempat ibadah. Apalagi jika Anda seorang Muslim, maka ini harus menjadi prioritas Anda. Berada dekat di sini berarti Anda hanya bisa mencapainya dengan berjalan kaki. Selamat mencari rumah yang nyaman dan asri bagi seluruh keluarga.

 

Other News & Updates

19 December 2020
Real Estate Developer Indonesia - Apakah Anda berencana mendirikan home office d...
09 November 2020
Real Estate Developer Indonesia - Semua pasti setuju bahwa rumah yang nyaman itu...