19 December 2020

Cara Mendekorasi Ruang Kerja Agar Tingkatkan Efisiensi Kerja

Real Estate Developer Indonesia - Apakah Anda berencana mendirikan home office di rumah namun bagaimana cara mendekorasi ruang kerja? Di era digital sekarang ini, tren bekerja dari rumah bukanlah hal baru dan pasti akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Baik bagi yang bekerja di rumah seharian atau hanya beberapa jam dalam sehari. Adapun desain ruang kerja perlu diperhatikan agar ruang kerja menjadi nyaman dan meningkatkan efisiensi kerja. Apa saja teknik dalam mendesain ruang kerja? Berikut ini beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Ruang kerja rumahan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk penempatan di lokasi berbeda. Cara terbaik untuk memilih lokasi paling ideal untuk ruang kerja rumah Anda adalah dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan pribadi Anda.

Misalnya, bagi ibu rumah tangga yang memiliki banyak keterkaitan dengan urusan dapur, maka ruang kerja yang strategis di rumah tidak akan terlalu jauh dari dapur. Atau, jika Anda harus menerima tamu, letakkan area kerja di ruang tamu rumah Anda. Sebaliknya bagi yang butuh ketenangan, ruang kerja di pojok rumah pasti lebih cocok.

Kenyamanan adalah kunci dari ruang kerja yang efisien di rumah. Atur aktivitas Anda di ruang ini seefisien dan senyaman mungkin. Misalnya, Anda dapat bergerak dengan mudah, dan Anda dapat menggunakan ruang ekstra untuk berdiri atau duduk dan lainnya. Orang sering salah memperkirakan ruang kerja di rumah karena mereka tidak memperkirakannya dengan benar. Sangat penting untuk memilih furnitur untuk area kerja di rumah. Pilih meja yang cukup besar untuk menampung semua peralatan kerja, dan sisakan ruang yang cukup untuk kegiatan menulis.

Baca juga Tips Agar Biaya Renovasi Rumah Tidak Membengkak

Ukuran ideal minimum meja kerja adalah 120-150 cm, dan tinggi meja kerja dapat diatur sekitar 70-75 cm sesuai kebutuhan. Terakhir, agar leher dan punggung terasa nyaman, belilah kursi kantor ergonomis untuk tempat kerja di rumah.

Biasanya area kerja di rumah masih membutuhkan tempat penyimpanan dan rak dinding yang cukup. Nah, salah satu cara mendekorasi ruang kerja adalah mengatur atau mendesain tata letak sesuai dengan proses kerja, lokasi meja kerja dan peluang kerja paling praktis. Tentunya Anda adalah orang yang paling mengetahui ritme kerja Anda, jadi Anda harus lebih berhati-hati saat memperkirakan ukuran dan lokasi terbaik.

Cobalah memilih area kerja dengan cahaya alami di rumah Anda untuk produktivitas maksimal. Adapun yang dimaksud disiini adalah meja kerja seperti komputer, yang dapat diletakkan di sisi berlawanan dari jendela, atau pada posisi di mana layar komputer terasa pas tanpa memantulkan cahaya. Harap juga menggunakan blinds atau kerai untuk mereduksi cahaya yang terlalu terang, sehingga membuat suasana area kerja di rumah semakin nyaman. Penempatan cermin dan pemilihan warna cat untuk kantor rumah juga akan berdampak besar pada produktivitas Anda.

Memiliki ruang kerja di rumah bukan berarti harus selalu keluar rumah untuk bertemu klien. Idealnya, Anda bisa menyediakan ruangan khusus di dalam rumah untuk kebutuhan profesional, namun jika tidak memungkinkan, tambahkan saja beberapa tempat duduk di rumah untuk menyesuaikan letak area kerja. Anda dapat berkolaborasi lebih sukses hanya dengan satu atau dua kursi pengunjung yang nyaman dan bergaya.

Terakhir, jangan lupa cara mendekorasi ruang kerja adalah dengan menambahkan elemen pribadi ke ruang kerja di rumah. Tidak seperti kantor di mana Anda tidak dapat mendesain sesuai selera, ini adalah kesempatan untuk menciptakan ruang kerja di rumah yang paling mencerminkan kepribadian dan karakter Anda. Pastikan dekorasi area kerja Anda bisa menginspirasi Anda untuk bekerja lebih keras.

 

Other News & Updates

27 October 2020
Real Estate Developer Indonesia - Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan maka...
24 November 2020
Real Estate Developer Indonesia - Jasa desain rumah adalah solusi yang tepat men...