22 December 2020

Keunggulan Papan Gipsum yang Bikin Hunian Nyaman dan Asri

Real estate developer Indonesia - Bagi mereka yang sedang mendirikan gedung atau rumah, maka perlu diketahui tentang keunggulan papan gipsum dibandingkan dengan bahan lain. Apalagi. Jika dikaitkan dengan kemampuan dan kebutuhan sesuai dengan konsep ruangan yang ingin diwujudkan. Nah, untuk Anda yang memang sedang mencari bahan bangunan yang ringan serta manfaatnya cukup banyak tentu pilihan papan gipsum adalah yang terbaik. Adapun yang dimaksud dengan gipsum adalah bahan yang digunakan untuk material konstruksi pembentuk dinding, plafon rumah dan penyekat hingga partisi.

Papan gipsum ini sendiri dibuat dengan menggunakan campuran kertas yang memiliki ketebalan hingga 9 sampai 15mm. Meski tipis, namun bahan bangunan yang satu ini memiliki sifat yang banyak menguntungkan. Apa saja itu?

Proses instalasi yang mudah

Tidak seperti bahan material seperti batu bata yang harus dipasang satu persatu serta membutuhkan waktu lama. Nah, pemasangan papan gipsum ini tidak menyita banyak waktu dan tenaga. Bahkan, papan ini dijual dalam bentuk lembaran yang luas sehingga pemasangannya mudah. Bobotnya yang cukup ringan juga memudahkan dalam hal pemasangan.

Selain itu, papan gipsum ini juga mudah dipotong dengan menggunakan alat pemotong apapun. Begitu juga dengan proses finishing bisa dilakukan dengan mudah baik itu menggunakan alat bangunan tradisional hingga alat bangunan yang cukup canggih. Ketebalannya yang tipis ini jugalah yang membuatnya mudah untuk dipaku dan dibentuk sesuai dengan keinginan.

Mampu meredam suara

Keunggulan yang kedua adalah kemampuannya dalam meredam suara. Material bangunan berwarna putih ini cocok digunakan dalam sebuah kantor yang di dalamnya juga terdapat pabrik produksi. Dengan menggunakan papan gipsum sebagai penyekat atau pemisah antar ruang, kantor maka tidak akan terganggu dengan suara bising yang dihasilkan mesin produksi pabrik. Pekerja pun bisa makin fokus dalam memberikan kontribusi kepada perusahaan. Papan gipsum juga cocok dipakai untuk ruang studio musik atau home theater. Penggunaannya mampu mengurangi trasmisi suara ke ruangan lain.

Baca juga Cara Mengurus IMB dengan Mudah Agar Nilai Jual Rumah Tinggi

Mudah dirawat dan diperbaiki

Jika gipsum mulai berdebu atau kotor, Anda tidak perlu mengecatnya ulang. Bilas menggunakan kain lap setengah basah atau menyedotnya. Jika gipsum mengalami retak rambut, Anda cukup menutupinya dengan plester semen instan. Setelah plesteran kering, timpa dengan plamir tembok yang memiliki warna senada dengan warna gipsum milikmu. Cara lainnya, Anda bisa memotong bagian papan gipsum yang rusak dan tambal dengan papan gipsum yang baru.

Mudah ditimpa dengan cat warna lain

Nah, sifat ini yang membuat gipsum makin digemari. Anda bisa menimpa papan gipsum dengan aneka ragam dekorasi dan cat, seperti cat tembok dan kertas wallpaper. Selain itu, Anda bisa melapisinya dengan produk pelapis lainnya. Anda bisa berkreasi sebebas-bebasnya untuk menghasilkan penyekat ruangan atau plafon yang cantik supaya bisa sesuai dengan gaya interior ruang tidurmu atau ruangan lain di rumahmu.

Tidak tahan air

Hanya saja, perlu diketahui bahwa papan gipsum memiliki sifat tidak tahan air. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, gipsum terbuat dari campuran bahan kertas. Hal ini yang membuat papan gipsum tidak tahan air. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan papan gipsum dalam ruangan yang berhubungan dengan air secara langsung, seperti dapur dan kamar mandi.

Itulah beberapa penjelasang singkat mengenai bahan bangunan yang sekarang ini cukup populer penggunaannya. Tidak hanya itu, keunggulan papan gipsum sendiri pun bisa mengurangi biaya renovasi maupun biaya bangunan lainnya.

 

Other News & Updates

03 November 2020
Real Estate Developer - Tidak sedikit orang yang merasa bingung saat memilih jas...
21 October 2020
Di mesin pencari, kata kunci ‘investasi apartemen’ mendapat pencaria...