22 December 2020

Cara Investasi Tanah yang Harus Anda Ketahui Agar Tak Salah Pilih

Real estate developer Indonesia - Tidak sedikit cara yang bisa diterapkan dalam menambah penghasilan, salah satunya adalah dengan melakukan investasi. Dari banyaknya jenis investasi, maka cara investasi tanah bisa memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Meski demikian, sebaiknya Anda jangan asal asalan dalam melakukan investasi tanah karena ada beberapa hal yang perlu diketahui agar terhindar dari kerugian. Nah, untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat nantinya, maka di artikel ini akan dibahas tentang apa saja yang perlu dilakukan saat melakukan investasi tanah.

Memilih lokasi tanaha

Sebelum melakukan investasi tanah, maka ada baiknya Anda memperhatikan lokasi tersebut. Dalam artian, pilihlah lokasi yang memang benar benar memiliki potensi kenaikan harga ditahun kedepan. Misalnya saja di daerah bisnis, kawasan industru hingga area pemukiman. Selain itu, lokasi tanah tersebut memang sedang mengalami pengembangan misalnya saja ada rencana pembangunan sehingga memiliki prospek yang cukup bagus kedepannya.

Memperhatikan kondisi tanah

Saat melakukan investasi tanah maka perhatikan juga kelayakan tanah yang akan dibeli. Pertimbangkan terlebih dahulu tentang bentuk, ukuran, kerataan, kepadatan dan arah tanah untuk dijadikan sebagai investasi tanah. Hal ini penting guna memudahkan proses pembangunan yang akan dikerjakan di masa mendatang. Pertimbangan kondisi tanah untuk melakukan investasi tanah juga dapat menghindari Anda dari pengurukan tanah yang tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Baca juga Tips Desain Toko Agar Ramai dan Menarik Minat Pembeli

Mempertimbangan kenyamanan

Sebelum Anda melakukan investasi tanah maka perhatikan terlebih dahulu tentang potensi terjadinya bencana di daerah tersebut. Misalnya saja banjir, tanah longsor dan sebagainya. Jangan lupa, komunikasikan dengan pihak notaris atau warga yang ada di sekitar lokasi untuk mengetahui beberapa hal yang bsia saja terjadi.

Kelengkapan surat dan legalitas

Saat Anda ingin memiliki investasi tanah maka ada hal yang harus diketahui yaitu legalitas dan kelengkapan surat. Anda bisa melakukan validasi notaris maupun pejabat agar tanah yang dibeli nantinya tidak menimbulkan masalah ke depannya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian akibat pembelian tanah sengketa, tanah wakaf, ataupun tanah yang terkena penggusuran karena terletak di lokasi yang akan dijadikan pembangunan oleh pemerintah.

Biaya untuk membeli tanah

Saat Anda ingin melakukan investasi tanah maka ada biaya yang harus dikeluarkan yang dihitung berdasarkan lokasi dan luas tanah. Namun, tidak hanya itu saja Anda juga harus menghitung anggaran secara menyeluruh seperti biaya administrasi dan lainnya.

Memperhatikan akses jalan

Sebaiknya, pililah tanah yang lokasinya tidak sulit dilalui oleh kendaraan khususnya mobil agar nilainya cukup besar. Adanya akses jalan yang prima akan memudakan Anda sebagai pemilik untuk keluar masuk serta bisa mendukung aktifitas bisnis karena mempermudah distribusi barang.

Selain itu, akses jalan yang baik akan membuat Anda mudah untuk membangun di kemudian hari. Satu hal yang perlu diperhatikan saat akses jalan buruk pastinya akan menghambat proses pengembangan dan sulit digunakan sebagai area bisnis.

Beberapa cara investasi tanah diatas setidaknya menjadi gambaran bagi Anda sebelum membeli. Walau kita tahu bahwa tanah hampir sama halnya dengan perumahan yaitu memiliki nilai lebih maka ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal seperti yang dijelaskan diatas.

 

Berita & Update Lainnya

09 November 2020
Real Estate Developer Indonesia - Semua pasti setuju bahwa rumah yang nyaman itu...
27 November 2020
Real Estate Developer Indonesia - Istilah over kredit rumah bukan satu hal yang ...